Home / Tokico Solar Flow Meter / Mengenal Tentang Flow Meter Solar Beserta Manfaatnya

article Mengenal Tentang Flow Meter Solar Beserta Manfaatnya cover image

Mengenal Tentang Flow Meter Solar Beserta Manfaatnya

Flow meter solar bisa memberikan banyak manfaat. Flow meter adalah sebuah alat yang Anda butuhkan untuk menghitung kecepatan aliran cairan. Alat ini memang cukup penting, apalagi dalam banyak bidang usaha, misalnya saja bidang industri.  Alat ukur aliran terdapat berbagai macam dan bisa Anda sesuaikan dengan apa yang diukur. Flow meter solar juga termasuk salah satu macamnya.

Perlu Anda ketahui bahwa alat ini memiliki peran penting dalam berbagai macam bidang. Penggunaan alat ini juga cukup beragam, baik itu dalam skala besar maupun skala kecil. Mungkin sebagian dari Anda belum tahu akan pentingnya alat ini dalam sebuah industri.

 

Pengertian dari Flow Meter Solar

 

Tegangan listrik terkadang tidak bisa menyalakan berbagai peralatan listrik, apalagi yang membutuhkan tegangan tinggi untuk waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, banyak orang yang akhirnya menggunakan alat untuk menghasilkan menghasilkan energi listrik seperti Genset (Generator Set). Genset bisa menghasilkan energi listrik tanpa harus menyambungkannya dengan terminal listrik. Sebab, alat ini menggunakan bahan bakar utama berupa solar untuk menghasilkan tenaga listrik.

Untuk menyalakan sebuah genset tentu membutuhkan jumlah solar yang sesuai dengan jumlah energi listrik yang dihasilkannya. Semakin tinggi dalam menghasilkan energi, maka akan membutuhkan solar yang semakin banyak. Untuk menganalisis kebutuhan solar, Anda bisa menggunakan salah satu alat yakni flow meter solar atau fuel flow meter.

Alat ini merupakan salah satu jenis dari alat ukur aliran atau flow meter IPM. Sesuai namanya yang mendapatkan tambahan kata solar, sehingga alat ini mampu untuk mengukur cairan bahan bakar  solar. Pada bidang transportasi,  dan manufaktur,  alat yang satu ini memiliki sebutan lain yakni fuel meter. Pengukuran bahan bakar solar atau seperti medium fuel oil, heavy fuel oil, kerosin, dan fuel oil.

Alat ini akan memberikan data penggunaan solar pada sebuah genset atau alat penghasil energi listrik lainnya. Kegunaannya memang cukup banyak, baik itu dalam skala kecil maupun besar. Oleh karena itu, membuat banyak agen yang jual flow meter, seperti Tokico Solar flow meter. Namun, Anda harus pastikan membeli alat ini dari tempat terpercaya yang berkualitas.

 

Manfaat Flow Meter Solar

 

flow meter solar

Alat ini bukan hanya tercipta begitu saja tanpa memberi keuntungan. Adapun beberapa manfaat alat ukur solar yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

 

1. Mengukur Kebutuhan Bahan Bakar Solar

 

Aliran listrik seringkali terputus, tentu ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Mulai dari perbaikan, kerusakan, dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan banyak dari bidang pekerjaan  tidak bisa berjalan lancar apabila memakai energi listrik. Sebagai alternatifnya, bisa menggunakan Generator Set atau  Genset berfungsi untuk menghasilkan listrik.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 1 1/2 Inchi Seri FRO

 

Jika ingin genset bisa bekerja, maka akan membutuhkan bahan bakar seperti solar. Banyaknya solar yang Anda butuhkan sebanding dengan kebutuhan tenaga listrik tersebut. Untuk bisa mengukur kebutuhan jumlah solar secara akurat, saat ini membutuhkan flow meter solar.

 

2. Melihat Jumlah Konsumsi Solar

 

Tak hanya untuk mengetahui jumlah solar, alat ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui jumlah konsumsi solar. Alat ini bisa mengawasi berapa banyak bahan bakar solar yang Anda habiskan saat mengoperasikan mesin. Dengan begitu, Anda yang tidak membutuhkan mesin pengawasan seperti pemancar bisa tetap melakukan pengawasan secara lebih baik.

 

3. Mengawasi Bahan Bakar yang Digunakan

 

Saat penggunaan, kemungkinan tetap akan mengalami hal-hal yang tidak Anda inginkan. Dengan menggunakan flow meter untuk solar ini, maka bisa terus memantau. Sehingga, bahan bakar tidak boros atau terbuang percuma akibat kerusakan pada penampungan. Anda juga bisa mengawasi agar bahan bakar solar aman dari aksi pembobol.

 

4. Bisa Membantu untuk Menentukan Biaya Produksi

 

Manfaat penggunaan dari alat ini yang lainnya yakni bisa membantu Anda dalam menentukan biaya produksi. Dengan menggunakan flow meter, maka bisa mengetahui banyaknya solar yang Anda butuhkan selama proses produksi. Sehingga dalam penentuan biaya produksi akan lebih akurat. 

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 2 Inchi Seri FRO

 

Biaya produksi yang lebih akurat tentunya akan membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tidak salah merekomendasikan flow meter ini jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis.

Selain mendapatkan beberapa manfaat tersebut, alat ini juga bisa Anda gunakan pada bidang lainnya, sebagai berikut.

Untuk industri manufaktur, alat ini akan sangat bermanfaat. Misalnya, saat proses produksi steam boiler, burning pada pengeringan proses painting dengan bahan bakar solar, serta pada termo.

Untuk transportasi, alat ini yang berguna saat pengisian bahan bakar. Misalnya untuk Pertamina, galangan untuk perbaikan speed boat, dan lain sebagainya.

Untuk kebutuhan lain seperti halnya penerangan yang menggunakan penghasil energi listrik dengan bahan bakar solar.

Para produsen tentunya menyadari ada bidang yang membutuhkan alat ukur ini, sehingga ada penyesuaian penggunaan dengan jenis alatnya. Melihat dari cara kerjanya, alat ini terdiri dari beberapa jenis, seperti Rotary, Oval Gear, Screw, Swirl, dan lain sebagainya. Manfaat flow meter solar ini cukup banyak, sehingga termasuk alat multifungsi.

 

Prinsip Kerja Flow Meter Solar

 

Genset yang menggunakan flow meter ini bisa beroperasi dengan berprinsip pada putaran piston yang telah terpasang. Cara kerja flow meter solar melalui sensor elektronik bisa mengukur kecepatan putaran yang merekam pulsa dan juga membandingkannya dengan adanya laju aliran sebenarnya. Hasilnya yang terbaca menunjukkan penggunaan solar dengan lebih akurat.

Secara konstruksi alat ini mendapatkan rancangan dengan konstruksi khusus yakni penggunaan material yang kuat berupa alumunium alloy serta proteksi IP54. Alat ini juga bisa terpasang dalam berbagai posisi dan tahan akan berbagai getaran ataupun shock hidrolik.

Jika Anda sudah lebih memahami mengenai flow meter solar dan berbagai manfaatnya. Kini bisa mulai mencari flow meter yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan mengenai Flow Meter atau sedang mencari harga flow meter solar terjangkau dan berkualitas, PT. Badja Abadi Sentosa bisa menjadi salah satu solusinya. 

 

Baca Juga : Ketahui Fungsi, Kelebihan, dan Jenis-jenis Flow Meter Tokico

 

Tokico flow meter Indonesia adalah subsidiary dari PT Badja Abadi Sentosa yang menjadi Distributor Tunggal & Resmi Tokico di Indonesia. PT. Badja Abadi Sentosa yang berdiri sejak 30 Maret 1989 akan terus melayani pelanggan dengan sukses. Dengan memberikan pelayanan purna jual yang akan memastikan kepuasan pelanggan terpenuhi. Kini dapatkan produk Tokico Asli dan bergaransi, informasi selengkapnya kunjungi juga produsen dari japan www.tokicosys.com.