Home / Tokico Solar Flow Meter / Definisi dan Fungsi Flow Meter untuk Solar

article Definisi dan Fungsi Flow Meter untuk Solar cover image

Definisi dan Fungsi Flow Meter untuk Solar

Bagi Anda yang bekerja di bidang usaha otomotif, pasti sudah familiar dengan peralatan-peralatan yang berhubungan dengan kendaraan. Nah, Anda pasti sudah pernah mendengar alat yang bernama flow meter untuk solar.

Namun bagi Anda yang tidak familiar dengan bidang otomotif khususnya mesin-mesin industri, pasti jarang mendengar dan mengetahui apa itu flow meter. Oleh karena itu artikel ini akan membahas apa itu flow meter, fungsi dan cara kerjanya.

 

Apa Itu Flow Meter untuk Solar?

 

Flow Meter untuk Solar

 

Flow meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur aliran fluida. Aspek yang diukur melalui alat flow meter antara lain kecepatan aliran atau flow rate dan  total volume fluida.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 14 Inchi Non-Fluctuation

 

Biasanya alat ini dipakai untuk mengalirkan fluida berupa cairan, gas dan powder. Contoh fluida cair atau liquid adalah air, minyak goreng, solar dan oli. Contoh fluida gas adalah udara, gas helium, gas hidrogen, gas elpiji dan gas oksigen.

Sedangkan contoh powder atau bubuk yang bisa dialirkan menggunakan flow meter adalah pasir, tepung, serta jenis bubuk lainnya.

 

Bagian-bagian Flow Meter


Flow meter memiliki dua bagian dan beberapa komponen. Ada bagian flow meter dan flow transmitter. Berikut adalah penjelasan tentang bagian-bagian flow meter.

 

  • Flow Sensor


Flow sensor adalah salah satu bagian flow meter yang berfungsi untuk mengukur aliran cairan dengan memanfaatkan subsistem mekanik dan listrik. Bagian ini akan menunjukkan hasil penghitungan aliran fluida cair, gas maupun powder.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 1 Inchi Electronic Oil Digital

 

Untuk komponen yang ada di flow sensor disesuaikan dengan jenis dan model flow meter. Karena setiap jenis dan model flow meter memiliki bahan komponen yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan jenis fluida. Seperti pemilihan bahan pipa, max temperature, max pressure dan IP class.  

Khusus untuk jenis fluida yang merupakan bahan makanan, maka harus memiliki kelas food grade dan tahan asam.

 

  • Flow Transmitter


Flow transmitter adalah bagian utama flow meter  lainnya yang berfungsi menerima dan menerjemahkan sinyal dari flow sensor. Kemudian hasilnya akan ditampilkan berupa angka ke display. Oleh karena itu, nama lain dari flow transmitter adalah flow display.

Sama dengan flow meter, komponen-komponen flow transmitter memiliki perbedaan berdasarkan jenis dan model flow meter. Jika model flow meter yang bagian-bagiannya menyatu maka komponen flow transmitter disebut dengan compact.

Sedangkan untuk model flow meter yang bagiannya terpisah, maka flow transmitter-nya disebut dengan remote yang memiliki kabel penghubung sensor.

 

Fungsi Flow Meter untuk Solar


Flow meter memiliki memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna untuk proses memindahkan fluida dan bagi kinerja mesin di industri. Berikut adalah beberapa fungsi flow meter yang perlu Anda ketahui.

 

1. Sebagai Alat Pengukur Aliran Fluida  


Fungsi utama flow meter adalah sebagai alat pengukur aliran fluida. Anda bisa mengetahui total volume aliran fluida yang mengalir melalui flow meter.

Dengan mengetahui jumlah massa atau volume fluida yang tampil di flow display, Anda tidak perlu lagi mengukur dan menghitung secara manual. Anda juga bisa menentukan jumlah aliran yang akan disalurkan.

 

2. Mengukur Biaya Produksi


Setiap industri pasti sudah menentukan berapa biaya untuk setiap proses produksi. Tujuannya adalah agar proses produksi berjalan sebagaimana SOP yang berlaku dan tidak ada over budget sehingga terhindar dari kerugian.  

Adanya Flow meter sangat berguna untuk membantu mengukur biaya produksi (operational budget). Anda bisa merencanakan budget sekalian besaran ukuran aliran fluida yang bisa diukur melalui flow meter.

 

3. Mengantisipasi Kerusakan Mesin


Perlu Anda tahu bahwa flow meter juga bisa berguna untuk mengantisipasi kerusakan mesin. Komponen-komponen yang ada di flow meter bisa menjadi alat ukur yang berguna untuk meminimalisir kerusakan mesin.

Melalui proses maintenance, Anda juga bisa mengetahui bagian dan komponen mesin yang sedang tidak berfungsi optimal. Jika sudah diketahui, maka Anda bisa segera melakukan perbaikan agar mesin tidak mengalami kerusakan.

 

4. Memantau Proses Pengolahan Limbah


Setiap industri pasti menghasilkan limbah. Baik limbah yang berupa cair, padat, gas, maupun bubuk. Adanya flow meter berguna untuk memudahkan proses pemantauan pengolahan limbah. 

Selain memudahkan prosesnya, biaya proses pengolahan limbah yang membutuhkan bahan-bahan kimia tertentu juga mudah untuk ditentukan.

Bagi Anda yang akan membeli flow meter, pastikan Anda sudah mengetahui jenis dan kegunaannya. Karena dua hal tersebut sangat mempengaruhi bagaimana flow meter bisa berfungsi optimal atau tidak.

Jika Anda menggunakan flow meter yang tidak sesuai, maka pengukuran aliran yang dilakukan oleh flow sensor dan hasil penghitungan yang muncul di flow transmitter tidak akan akurat.

 

Jual Flow Meter untuk Solar Terbaik


Setiap orang tentu ingin membeli barang yang berkualitas, original dan harganya terjangkau. Solusinya adalah Anda bisa membeli di toko resmi, baik online maupun offline. 

 

Baca Juga : Mengenal Tentang Flow Meter Solar Beserta Manfaatnya

 

Termasuk ketika membeli flow meter. Anda bisa membeli di Tokico Solar Flow Meter yang menyediakan produk-produk produk-produk Tokico terpercaya di Indonesia. Kami merupakan subsidiary dari PT Badja Abadi Sentosa yang memiliki pengalaman dalam menyediakan alat-alat kebutuhan industri.

Bila Anda sedang mencari toko online resmi untuk membeli atau service flow meter untuk solar, kami siap menangani unit Anda sampai siap digunakan kembali. 

Selain itu, kami juga memberikan beberapa keuntungan seperti Anda bisa memilih spare part baru atau bekas dengan harga terjangkau sampai diskon spesial untuk barang tertentu.

Tunggu apalagi, segera cek disini untuk mengetahui macam-macam jenis produk flow meter untuk solar hanya di Tokico Solar Flow Meter.