Home / Tokico Solar Flow Meter / 5 Tips Memilih Tokico Flow Meter

article 5 Tips Memilih Tokico Flow Meter cover image
16 November 2022 Tokico Solar Flow Meter

5 Tips Memilih Tokico Flow Meter

Tokico flow meter merupakan alat ukur yang digunakan untuk menghitung aliran bahan atau material zat cair, dan gas. Alat ukur ini memiliki fungsi yang penting, untuk itu Anda harus mengetahui tips memilih Tokico flow meter. Untuk mengetahui seberapa besar aliran material zat cair atau padat, Anda dapat menggunakan flow meter sebagai alat pengukur. Oleh karena itu, berikut ini merupakan tips untuk memilih Tokico flow meter terbaik.

 

5 Tips Memilih Tokico Flow Meter


1. Ketahui Kategori yang Anda Butuhkan


Tokico memiliki beberapa kategori flow meter yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Seperti Tokico flow meter reset, non reset, digital, dan non fluctuation. Setiap kategori memiliki kegunaan dan kelebihan yang berbeda. Jika Anda ingin menggunakan flow meter untuk mengukur material bahan bakar minyak atau mesin diesel, maka Anda bisa menggunakan Tokico Flow Meter CCG digital.

 

2. Kecocokan Aliran dan Material Konstruksi


Penting bagi Anda untuk mengetahui material konstruksi flow meter. Hal ini disebabkan setiap flow meter memiliki perbedaan dalam material pengukuran. Terdapat flow meter yang telah didesain khusus dan mampu untuk menahan panas, atau dingin aliran. Sehingga sebelum membeli, Anda bisa memilih flow meter Tokico sesuai dengan kebutuhan.

 

3. Sesuaikan dengan Anggaran


Jika Anda ingin membeli flow meter Tokico, maka Anda harus menyesuaikan harga dengan anggaran yang dimiliki. Agar tidak terjadi over budgeting ketika melakukan pembelian flow meter. Meskipun menyesuaikan anggaran, hindari untuk membeli produk flow meter secara asal dan berharga murah. Anda dapat melihat kualitas dari produk tersebut sebelum membeli.

 

Sebaiknya Anda melihat popularitas dari brand tersebut sebelum membeli flow meter. Salah satunya seperti Tokico yang memiliki harga sesuai dengan kualitas produk.

 

4. Suhu dan Viskositas Aliran


Tingkatan viskositas atau kekentalan, dan temperatur aliran yang akan melewati flow meter juga harus Anda ketahui terlebih dahulu. Setiap tipe flow meter Tokico disesuaikan dengan jenis aliran yang akan dilewati. Sehingga Anda tidak dapat sembarangan memilih flow meter, contohnya seperti material yang akan dilewati yaitu memiliki suhu yang panas dan tingkat viskositas yang tinggi. Jika Anda menggunakan flow meter yang tidak sesuai, maka bisa  merusak flow meter.

 

5. Perhatikan Area Instalasi


Anda juga perlu memperhatikan letak pemasangan flow meter akan dilakukan. Hal tersebut dapat mempengaruhi akurasi dan efisiensi. Contohnya seperti pada area instalasi, di mana terdapat hambatan pada pipa, atau katup di dekat flow meter sehingga mengakibatkan distorsi dalam aliran. Hal itu  dapat mempengaruhi akurasi flow meter Tokico.

 

Sehingga Anda harus mengetahui area instalasi pemasangan terlebih dahulu, agar tidak ada pengulangan. Akurasi dapat terpengaruh jika flow meter yang digunakan salah pemasangan. Anda dapat memilih flow meter yang memiliki ketepatan pengukuran, atau menawarkan akurasi terbaik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan flow meter dari Tokico. Tokico menyediakan flow meter dengan empat kategori dan berbagai ukuran. Berikut ini adalah tips untuk memilih Tokico flow meter sesuai kategorinya, yaitu:

 

Tips Memilih Tokico Flow Meter Sesuai Kategori

 

1. Tokico Reset


Jika menggunakan flow meter ini, Anda dapat mengetahui jumlah aliran yang dimulai dari angka 0. Pada tampilan counternya, terdapat dua kolom yaitu totalizer yang berguna untuk mengetahui jumlah akumulasi cairan yang telah dikeluarkan. Ada juga liters yang berguna untuk melihat cairan yang masuk atau keluar saat flow meter berjalan. Berikut ini adalah ukuran Tokico reset yang dapat dipilih, yaitu:

-Tokico Flow Meter ¾“ Reset
-Tokico Flow Meter ½ “ Reset
-Tokico Flow Meter 1“ Reset
-Tokico Flow Meter 1 ½ “ Reset
-Tokico Flow Meter 2“ Reset
-Tokico Flow Meter 3“ Reset


2. Tokico Non Reset


Proses perhitungan pada flow meter tipe ini tidak dapat di reset atau tidak dapat dihitung mulai dari 0 lagi. Sehingga nilai yang muncul di counter merupakan nilai akumulasi dari hitungan pemakaian saja. Proses perhitungan akan terus menerus berlangsung dari awal hingga akhir pemakaian. Berikut ini adalah ukuran Tokico non reset yang tersedia, yaitu:

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non Reset

 

-Tokico Flow Meter ½ “ Non Reset
-Tokico Flow Meter ¾“ Non Reset
-Tokico Flow Meter 1“ Non Reset


3. Tokico Digital


Jenis ini dapat digunakan untuk boiler, mesin diesel, dan bahan bakar minyak. Cocok untuk digunakan pada penanganan oli berkapasitas kecil atau yang memiliki viskositas rendah. Counter pada Tokico digital terbuat dari bahan plastik, dan pada  unit penghitungnya terdapat fungsi pendeteksian aliran normal dan kontra, serta dapat direset menjadi 0 kembali. Berikut ini adalah ukuran dari Tokico digital, yaitu:

 

-Tokico Flow Meter ½ “ Electronic CCG Digital
-Tokico Flow Meter ¾“ Electronic CCG Digital
-Tokico Flow Meter 1 “ Electronic CCG Digital
-Tokico Flow Meter 1 ½ “ Electronic Oil Digital
-Tokico Flow Meter 2“ Electronic Oil Digital
-Tokico Flow Meter 3“ Electronic Oil Digital
-Tokico Flow Meter ½“  Electronic Oil Digital
-Tokico Flow Meter ¾“ Electronic Oil Digital
-Tokico Flow Meter 1“ Electronic Oil Digital


4. Tokico Non-Fluctuation


Tokico non fluctuation adalah alat pengukur aliran non fluktuasi berbentuk vertikal dengan pengukuran aliran volume besar. Pada saat pengukuran volume besar, alat ini berputar dengan kecepatan konstan, dan memberikan tekanan pulsasi sangat rendah. Sehingga Tokico non fluctuation memiliki kebisingan dan daya getar yang rendah. Berikut ini adalah ukuran Tokico non fluctuation yang dapat Anda pilih, yaitu:

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non-Fluctuation

 

-Tokico Flow Meter 6” Non-Fluctuation
-Tokico Flow Meter 8“ Non-Fluctuation
-Tokico Flow Meter 10“ Non-Fluctuation
-Tokico Flow Meter 12“ Non-Fluctuation
-Tokico Flow Meter 14“ Non-Fluctuation

 

Baca juga : PT. Badja Abadi Sentosa Distributor Resmi Flow Meter Tokico di Indonesia


Setelah Anda mengetahui tips memilih Tokico Flow Meter, semoga dapat membantu Anda sebelum melakukan pembelian. Silakan kunjungi laman Distributor Tokico Flow Meter kami atau menghubungi kami melalui nomor +6216498755 untuk informasi lebih lanjut.