Home / Tokico Solar Flow Meter / Get to know Tokico FRO, the First Tokico Series in Indonesia

article Get to know Tokico FRO, the First Tokico Series in Indonesia cover image

Get to know Tokico FRO, the First Tokico Series in Indonesia

Flow meter Tokico ukuran 2 inch merupakan ukuran yang sering digunakan untuk mengukur cairan atau fluida. Flow meter ukuran ini memiliki keunggulan dalam mengukur cairan yang cukup kecil hingga besar, mulai dari 0.25 m3/jam sampai 15 m3/jam. Flow meter Tokico ukuran 2 inch memiliki beberapa seri dengan tingkat akurasi, bentuk display, dan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu seri Tokico terbaik yang dapat Anda gunakan yaitu Tokico FRO.

 

Perlu Anda ketahui, seri Tokico ini adalah seri yang pertama kali hadir di Indonesia. Maka tak heran jika seri FRO memiliki banyak peminatnya. Lalu sebenarnya apa itu flow meter Tokico seri FRO ini?

 

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Tokico FRO 

 

Tokico seri FRO adalah seri flow meter Tokico yang berfungsi sebagai alat ukur cairan atau bahan bakar minyak solar, oil, dan diesel,dengan yang memiliki maksimal tingkat error hanya 0.5%. Flow meter telah teruji memiliki kualitas mumpuni yang digunakan sebagai pengukuran cairan. Tipe Tokico seri FRO terbuat dari bahan aluminium alloy, sehingga cocok digunakan untuk arus cairan yang memiliki kecepatan 800 hingga 15.000 L/h. Pada bagian roots rotor flow meter, terbuat dari bahan aluminium yang dapat membuat rotor tahan lama.

 

Read Also : Flow Meter Tokico Non Reset Original dan Berkualitas

 

Tokico seri FRO sering dimanfaatkan untuk mengukur berbagai jenis minyak, contohnya kerosene, light, heavy oil, dan gasoline. Namun perlu diketahui, beberapa jenis minyak tersebut tidak semua termasuk jenis minyak murni. Sehingga, terkadang masih terdapat partikel kotor seperti kerikil dan batu kecil dalam aliran minyak tersebut. Jika dibiarkan, partikel kotor dapat merusak flow meter. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan penggunaan alat strainer untuk menyaring partikel kotor yang terkandung di dalam minyak.

 

See Our Product : Tokico Flow Meter 3/4 Inchi Reset

 

Bukan tanpa alasan mengapa Tokico seri ini patut Anda gunakan untuk pengukuran cairan. Seri FRO memiliki rentang spesifikasi yang beragam. Mulai dari kapasitas kecil yang dapat digunakan untuk distribusi bahan bakar secara retail, hingga kapasitas besar untuk instalasi industri minyak dan gas. Tak hanya itu saja, flow meter ini tidak akan mempengaruhi tekanan cairan yang diukur, sehingga tidak berpengaruh pada tingkat akurasi perhitungan volume cairan akibat viskositas atau kekentalan cairan.

 

See Our Product : Tokico Flow Meter 1/2 Inchi Reset

 

Seri ini terdapat dalam 2 tipe, yaitu resettable counter dan non resettable counter. Tipe tipe tersebut memiliki fungsi utama yang berbeda-beda. Resettable counter memiliki fungsi utama sebagai angka totalizer counter atau total bahan bakar yang diukur, sehingga dapat dilakukan reset kembali ke angka 0. Sedangkan non resettable counter tidak bisa melakukan reset kembali ke angka 0. Tidak hanya berbeda dalam hal fungsi utamanya saja, 2 tipe tersebut juga memiliki harga yang berbeda pula. Perlu Anda ketahui, tipe resettable counter memiliki harga yang lebih mahal daripada tipe non resettable counter.

 

Spesifikasi Tokico FRO

 

Tokico FRO memiliki spesifikasi yang mumpuni, antara lain:

 

Cairan Minyak tanah/minyak ringan
Laju Aliran
0.8 m3/h - 3.5 m3/h

Tingkat Akurasi
0.5%
Tekanan 10 kgf/cm2
Ukuran 40 mm (1 ½ inch) - 50 mm (2 inch)

 

Keunggulan Tokico Seri FRO Dari Seri Lainnya

 



Tokico FRO memiliki keunggulan yang lebih baik jika dibandingkan dengan seri lainnya, antara lain : 

 

1. Akurasi Tinggi dan Rentang Aliran Yang Luas

 

Tokico FRO memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi hingga 0.5%,  meski dalam durasi panjang dengan pressure loss yang rendah. Tidak hanya itu saja, Tokico ini juga memiliki rentang laju aliran yang luas dengan kisaran maksimum 1:150 untuk bahan minyak berat. Hal tersebut memungkinkan flow meter dapat diimplementasikan dalam berbagai kondisi yang berbeda karena perubahan kecepatan aliran.

 

2. Tingkat Ketelitian Tinggi

 

Flow meter Tokico seri FRO memiliki tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Alat ini dapat dimanfaatkan untuk instalasi pengukuran bahan minyak, yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi dalam mengatur dan mengelola bahan bakar.

 

3. Daya Tahan Cukup Baik

 

Flow meter Tokico seri FRO memiliki prinsip kerja perhitungan yang sederhana. Hal tersebut yang membuat flow meter seri ini memiliki ketahanan yang cukup baik. Maka, tak mengherankan jika Tokico seri FRO dapat digunakan hingga bertahun-tahun tanpa mempengaruhi tingkat akurasinya. 

 

4. Desain Compact 

 

Tokico seri FRO memiliki desain yang compact sehingga memudahkan Anda dalam instalasi flow meter, serta unit transmitter elektronik yang mudah dipasang dan dilepas. Flow meter seri ini, juga dilengkapi dengan desain counter yang simpel dan mudah dibaca. Perpaduan desain compact dan counter inilah yang membuat flow meter memiliki nilai fungsional yang tinggi sehingga memiliki kualitas terbaik. 

 

5. Kehilangan Tekanan Minimum

 

Tokico seri ini kehilangan tekanan minimumnya dalam bahan minyak yang digunakan untuk pengukuran. Hal tersebut dapat membuat Anda bisa melakukan pengukuran di sisi isap pompa atau dengan menggunakan cairan yang memiliki tingkat viskositas tinggi. 

 

6. Pengukuran Jarak Jauh

 

Tahukah Anda bahwa Tokico seri FRO dapat melakukan pengukuran jarak jauh? Kemampuan ini dapat digunakan dengan memasang pemancar dan integrasi pengukuran. Jika sudah terpasang, Anda dapat dengan mudah melakukan pengukuran baik mengontrol maupun perekaman data secara jarak jauh.

 

7. Memiliki Unit Pemancar Listrik

 

Tokico seri FRO memiliki unit pemancar listrik jenis saklar mikro atau saklar buluh. Meskipun memiliki konstruksi alat yang sederhana, tetapi unit ini memiliki tingkat keandalan yang cukup tinggi.  Anda bisa mendapatkan flow meter Tokico seri FRO di Tokico Solar Flower. Kami menjual Tokico FRO dengan harga terjangkau dan bersaing. Segera dapatkan flow meter seri ini di toko kami dan nikmati dapatkan keunggulan terbaiknya.