Home / Tokico Solar Flow Meter / Tokico Flow Meter Indonesia : Definisi, Kegunaan, Jenis, dan Cara Kerja

article Tokico Flow Meter Indonesia : Definisi, Kegunaan, Jenis, dan Cara Kerja cover image
27 November 2022 Tokico Solar Flow Meter

Tokico Flow Meter Indonesia : Definisi, Kegunaan, Jenis, dan Cara Kerja

Salah satu alat yang penting dan sering digunakan di proyek atau kegiatan industri adalah flow meter. Mungkin beberapa orang masih asing dengan istilah tersebut. Padahal flow meter memiliki banyak kegunaan khususnya untuk kegiatan industri dan proyek. Jika Anda sedang mencari produk tersebut dengan kualitas baik maka Anda bisa memilih Tokico Flow Meter Indonesia. Brand flow meter asal jepang ini telah dikenal dengan kualitas produk yang sangat baik, sehingga banyak dipilih oleh perusahaan. Untuk mendapatkan manfaat dari penggunaan flow meter berkualitas ini, pastikan Anda melakukan pembelian di distributor resmi Tokico Flow Meter yang ada di Indonesia. 

 

Definisi dan Kegunaan Tokico Flow Meter Indonesia


Flow meter merupakan salah satu alat yang digunakan untuk jumlah fluida pada suatu jalur atau aliran. Fluida yang diukur menggunakan flow meter ini bisa berupa cairan minyak dan sejenisnya. Alat ini sangat penting untuk kebutuhan proyek atau industri bagi suatu perusahaan. Dengan menggunakan flow meter, jumlah fluida dapat dikalkulasikan secara tepat dan akurat. Dalam melakukan proses perhitungan, ada beberapa aspek yang diperhatikan oleh flow meter. Kedua aspek tersebut adalah total massa cairan dan kecepatan cairan pada suatu periode tertentu. Anda bisa mendapatkan data yang akurat dengan menggunakan Tokico Flow Meter saat menghitung suatu aliran fluida. 

 

Penggunaan flow meter sendiri sangatlah luas di industri. Flow meter memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk pengukuran dalam suatu kegiatan industri maupun peralatan sehari-hari. Lantas, apa saja kegunaan flow meter ini? Yuk kita simak informasinya berikut ini. 

 

1. Menghitung Kecepatan Aliran atau Velocity 


Kegunaan flow meter yang pertama adalah menghitung kecepatan aliran fluida. Menghitung sebuah kecepatan fluida terkadang dibutuhkan untuk mengetahui data secara akurat untuk membantu perencanaan suatu kegiatan proyek. Satuan yang digunakan untuk menghitung velocity adalah meter/menit, meters/detik, dan lain-lain. 

 

2. Menghitung Kapasitas Aliran


Kegunaan lain dari flow meter adalah menghitung kapasitas sebuah aliran yang berada di pipa dalam periode tertentu. Satuan yang digunakan dalam perhitungan kapasitas aliran menggunakan flow meter ini adalah LPM,LPS,LPH, M3/H, M3/Menit,  GPH, GPM,, dan lain-lain. 

 

3. Menghitung Jumlah Total Volume 


Kegunaan flow meter lainnya adalah menghitung berapa total jumlah volume fluida yang ada di aliran tertentu. Adapun satuan yang digunakan untuk menghitung jumlah volume adalah M3, liter, dan galon. 

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 1 Inchi Reset

 

Setiap flow meter memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda tergantung jenis dari alat tersebut. Oleh karena itu, sebelum membeli alat ini pastikan Anda mengetahui dengan pasti jenis dan tingkat akurasi yang digunakan. Hal tersebut dilakukan agar penggunaan flow meter sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. Flow meter rata-rata memiliki tingkat akurasi sebesar 0.2%, 0.5%, 1%, 2%, hingga 5%. 

 

Jenis dan Katalog Tokico Flow Meter Indonesia

 


Tokico Flow Meter Indonesia dibedakan menjadi dua jenis, yaitu flow meter digital dan flow meter analog. Kedua jenis flow meter tersebut tentu mempunyai cara kerja yang berbeda-beda untuk menentukan jumlah fluida dalam suatu aliran tertentu. Simak perbedaan antara dua jenis flow meter tersebut berikut ini. 

 

1. Flow Meter Analog


Sesuai dengan namanya, jenis flow meter ingin menerapkan pembacaan dalam proses perhitungan fluida. Angka dan data yang dihasilkan berasal dari jarum yang terdapat pada alat ini. Flow meter ini tidak memerlukan listrik pada saat proses pembacaan jumlah fluida. Flow meter jenis analog ini cukup mudah untuk kamu temui di beberapa peralatan. Contoh dari penerapan flow meter analog dalam kegiatan sehari-hari adalah Regulator Gas, Pressure Gauge Pompa Manual Sepeda, dan Speedometer Kendaraan.

 

2. Flow Meter Digital


Jenis flow meter yang kedua menerapkan cara kerja digital. Jenis ini merupakan bentuk pembaruan dan inovasi dari flow meter analog, sehingga menghemat ruang pemasangan dari flow meter. Flow meter digital hanya memerlukan satu panel kendali yang digunakan untuk membaca beberapa flow meter dengan menggunakan sebuah kabel. Flow meter digital dinilai lebih praktis digunakan jika dibandingkan dengan flow meter analog. Namun, flow meter digital juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan daya listrik untuk melakukan perhitungan yang lebih akurat. 

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 1 1/2 Inchi Reset

 

Tokico Flow Meter memang memiliki kualitas yang sangat baik dengan perhitungan akurat. Tokico bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang membutuhkan produk flow meter. Jika Anda sedang mencari jenis-jenis flow meter yang lebih lengkap lagi, maka Anda bisa menyimak Tokico Flow Meter catalogue yang sudah kami siapkan berikut ini. 

 

-Tokico Flow Reset


Kategori Tokico Flow Riset ini terdiri atas produk Tokico Flow Meter 3/4 Inchi Reset, Tokico Flow Meter 1/2 Inchi Reset, Tokico Flow Meter 1 Inchi Reset, Tokico Flow Meter 1 1/2 Inchi Reset, Tokico Flow Meter 2 Inchi Reset, dan Tokico Flow Meter 3 Inchi Reset. 

 

-Tokico Non Reset


Produk ini tersedia dengan berbagai ukuran, seperti Tokico Flow Meter 1/2 Inchi Non Reset, Tokico Flow Meter 3/4 Inchi Non Reset, dan Tokico Flow Meter 1 Inchi Non Reset. 

 

-Tokico Digital


Kategori produk selanjutnya dari Tokico Flow Meter adalah Tokico Digital yang terdiri atas produk Tokico Flow Meter 1/2 Inchi Electronic CCG Digital, Tokico Flow Meter 3/4 Inchi Electronic CCG Digital, Tokico Flow Meter 1 Inch Electronic CCG Digital, Tokico Flow Meter 1 1/2 Inchi Electronic Oil Digital, Tokico Flow Meter 2 Inch Electronic Oil Digital, Tokico Flow Meter 3 Inchi Electronic Oil Digital, Tokico Flow Meter 1/2 Inchi Electronic Oil Digital, dan lain-lain. 

 

-Tokico Non Fluctuation


Produk yang berada dalam kategori ini adalah Tokico Flow Meter 6 Inchi Non-Fluctuation, Tokico Flow Meter 8 Inchi Non-Fluctuation, Tokico Flow Meter 10 Inchi Non-Fluctuation, dan lain-lain. 

 

Baca Juga : Ketahui Fungsi dan Kelebihan Tokico FFL Sebagai Flow Meter

 

Untuk mendapatkan fungsi yang optimal dari produk ini, Anda bisa membeli langsung di distributor resmi Tokico Flow Meter Indonesia. Kami adalah distributor resmi dari Tokico, sehingga Anda bisa membeli produk tersebut di website resmi Tokico Solar Floweter Indonesia.