Home / Tokico Solar Flow Meter / Flow Meter Tokico, Alat Ukur yang Akurat

article Flow Meter Tokico, Alat Ukur yang Akurat cover image
29 November 2022 Tokico Solar Flow Meter

Flow Meter Tokico, Alat Ukur yang Akurat

Dalam bidang konstruksi bangunan, selama proses produksinya banyak memanfaatkan flow meter Tokico terutama dalam proses pengukuran bahan baku berupa minyak bumi. Pengukuran haruslah dilakukan dengan akurat karena bisa mendapatkan perhitungan aliran yang efektif dan efisien serta berpengaruh pada hematnya biaya produksi pembangunan yang dikeluarkan.

 

Baca Juga : Inilah Tempat Resmi yang Menjual Tokico Flow Meter Jakarta

 

Oleh karena itu penggunaan flow meter ini sangat penting dan akan berpengaruh pada hasil yang didapat selama produksi berlangsung. Keunggulan tersebut tentunya mampu memberikan keuntungan maksimal untuk bisnis Anda. Cukup menguntungkan bukan? Lalu sebenarnya apa itu flow meter jenis Tokico ini dan apakah memiliki keunggulan lainnya?

  

Mengenal Apa Itu Flow Meter Tokico


Tokico merupakan salah satu flow meter buatan Jepang yang telah diproduksi sejak tahun 1950. Flow meter Tokico adalah flow meter tipe positive displacement yang sering dimanfaatkan dalam berbagai pengujian pengukuran cairan solar seperti pengukuran bahan bakar boiler dan solar, minyak tanah, minyak ringan, hingga minyak berat. Untuk pengukuran solar ini, Anda bisa memanfaatkan jenis meteran solar Tokico. Anda bisa mendapatkan alat meteran solar dengan cukup mudah dan budget yang tidak terlalu banyak.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 1/2 Inchi Reset

 

Beberapa jenis minyak yang diperlukan pengukuran dengan menggunakan flow meter yaitu kerosene, light, heavy oil, dan gasoline. Minyak tersebut termasuk jenis bukan minyak bumi murni, maka bisa saja terdapat partikel-partikel kotor seperti kerikil dan batu batas kecil masuk ke dalam minyak. Maka dalam penginstalan flow meter, diperlukan penggunaan strainer guna mendapatkan hasil penyaringan minyak lebih bersih agar flow meter tidak mudah rusak karena partikel kotor yang mengendap. 

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 1 Inchi Reset

 

Alat ini juga dapat digunakan untuk mengatur aspek aliran pada material baik cairan, udara, maupun bubuk. Aspek aliran tersebut terdiri dari flow rate, dan volume atau total massa yang mengalir dalam kurun waktu tertentu. Industri yang bergerak di bidang mining, genset fueling, dan fueling truck system memanfaatkan flow meter yang diperlukan dalam proses pengukuran yang mendetail mengenai transfer fueling minyak untuk kebutuhan genset dalam proses pembangunannya.

 

Flow meter memiliki beberapa fungsi, antara lain:

 

1. Mengukur Kecepatan Aliran


Pada proses manufaktur, flow meter memiliki peranan penting di dalamnya. Flow meter dapat membantu dalam mengukur besar kecepatan aliran yang disesuaikan dengan jarak atau waktu. Hal tersebut bertujuan untuk mengukur kesesuaian udara atau steam selama proses manufaktur berlangsung. Hasil dari flow meter akan digunakan sebagai bahan analisa data dalam menentukan perbaikan takaran campuran bahan baku guna menghasilkan produk yang berkualitas. 

 

2. Totalizer


Flow meter jenis tokico juga dapat berfungsi sebagai totalizer. Fungsi ini bermanfaat untuk mengukur jumlah total volume bahan baku minyak yang mengalir. Tidak hanya itu saja, dalam industri farmasi pangan, flow meter berfungsi untuk mengatur suhu dan tingkat kelembaban ruangan yang berguna sebagai menjaga kualitas obat. Sedangkan pada industri pangan, flow meter digunakan untuk mengukur jumlah aliran yang masuk dan menghasilkan analisa data takaran jumlah bahan baku yang harus dicampurkan dengan bahan lain. Hal tersebut berguna untuk menghasilkan produk yang sesuai dan optimal dengan takaran prosedur produksi. 

 

3. Mengontrol Rangkaian Elektronik


Parameter pada flow rate dan volume material yang diukur berupa data angka sebagai acuan data input. Dari data tersebut akan berguna untuk mengatur menghasilkan aliran listrik dan sinyal yang sangat dibutuhkan dalam mengontrol rangkaian elektronik selama proses produksi. 

 

4. Mengantisipasi Kerusakan Mesin 


Dengan melakukan pengukuran pada kapasitas dan performa compressor, cooling system, serta pompa dapat mengurangi potensi kerusakan mesin yang digunakan dalam proses produksi. Flow meter dapat mendeteksi kerusakan pada mesin dan memberikan analisa mengenai tingkat kerusakan yang dialami. Jika mesin terdeteksi mengalami kerusakan sejak dini, Anda dapat segera memperbaikinya untuk terhindar dari kerusakan mesin yang lebih parah. 

 

5. Membantu Menghitung Biaya Produksi


Biaya produksi seperti konsumsi air, steam, dan kebutuhan lainnya, diperlukan perhitungan yang tepat untuk meminimalisir kekurangan dana selama proses produksi berlangsung. Dengan memanfaatkan flow meter, dapat membantu Anda menghitung biaya produksi dengan akurat.  Besarnya cairan yang dibutuhkan selama proses produksi bisa diukur dengan menggunakan flow meter. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menghitung biaya produksi secara mendetail nantinya. 

 

Harga flow meter Tokico cukup terjangkau mulai dari Rp9.000.000,00 per  inch tipe reset dengan kelebihan low pressure loss, tidak mudah rusak, serta kualitas yang terjamin mumpuni. Maka tidak mengherankan jika flow meter jenis ini mulai banyak dicari oleh masyarakat. Anda bisa mendapatkan flow meter dengan mudah karena saat ini mulai banyak pula toko yang menyediakan alat tersebut. 

 

Keunggulan Flow Meter Tokico 

 


Flow meter Tokico menawarkan berbagai keunggulan, yaitu:

 

1. Akurasi Tinggi


Flow meter Tokico memiliki tingkat akurasi yang cukup stabil dan baik sebesar 0,5%. Selain itu, gear atau root akan langsung mengukur cairan yang masuk ke dalam flow meter. Hal tersebut berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan data dan terjadinya error pada mesin. 

 

2. Pengukuran Lebih Efisien


Pengukuran menggunakan flow meter, digunakan untuk menyesuaikan besar kecilnya suatu aliran dari cairan. Penyesuaian besaran akan menghasilkan pengukuran yang lebih efisien.   

 

3. Tahan Lama


Dengan menggunakan flow meter jenis ini akan memiliki ketahanan yang lebih baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, meskipun flow meter digunakan terus menerus tidak akan mempengaruhi tingkat akurasinya. Struktur dan prinsip kerja dari flow meter juga simple yang membuatnya tahan lama. 

 

4. Compact Design


Flow meter jenis ini memiliki desain yang compact untuk memudahkan Anda dalam melakukan instalasi alat. Tidak hanya itu saja, flow meter juga memiliki desain counter yang simple dan mudah untuk dibaca. Dengan berbagai fungsi dan keunggulan yang maksimal tersebut, flow meter Tokico dapat membantu proses produksi di berbagai jenis industri seperti manufaktur, pangan, farmasi, dan lain sebagainya dalam pengukuran bahan baku dengan akurat.