Home / Tokico Solar Flow Meter / Cara Kalibrasi Flow Meter Solar yang Penting untuk Dilakukan

article Cara Kalibrasi Flow Meter Solar yang Penting untuk Dilakukan cover image

Cara Kalibrasi Flow Meter Solar yang Penting untuk Dilakukan

Cara kalibrasi Flow Meter solar nyatanya masih menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Beberapa orang mungkin sudah sangat familiar dengan penggunaan flow meter itu sendiri. Akan tetapi, bukan tidak mungkin jika nantinya mengenai detail akan alat tersebut masih menjadi pertanyaan yang besar.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara kalibrasi tersebut, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan flow meter solar? Jawaban yang tepat. Flow meter merupakan salah satu alat, di mana alat tersebut mempunyai manfaat untuk menghitung. Apa yang akan dihitung? Berdasarkan namanya tersebut berarti yang akan dihitung adalah solar atau bisa juga bensin.

Dimana kita bisa menemukan alat tersebut? Secara umum alat tersebut bisa kita jumpai di SPBU namun juga tergantung dengan penggunaannya di mana. Apa peranan alat tersebut sangatlah penting dalam kehidupan? Tentu saja iya.

Perlu menjadi pengetahuan yang penting bahwasanya flow meter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui besarnya aliran suatu fluida baik cair ataupun gas. Alat pengukur tersebut terdiri dari banyak model dan jenis yang disesuaikan dengan tujuan dan penggunaannya.

 

Cara Kalibrasi Flow Meter Solar, Begini

 

Cara Kalibrasi Flow Meter Solar

 

Berdasarkan fluidanya alat ukur ini digolongkan menjadi flow meter Liquid, flow meter gas, flow meter steam yang merupakan kombinasi antara liquid dan gas, juga masih ada flow meter slurry.

Untuk jenis yang terakhir ini merupakan kombinasi antara fluida padat dengan cair. Mengenai pembahasan kalibrasi sudah seharusnya tidaklah menjadi hal yang asing. Apalagi bagi mereka yang sangat sering bersinggungan dengan peralatan tersebut. 

Hal ini lantaran pemakaian secara rutin alat ukur ini memiliki pembacaan yang kemungkinan itu tidak sesuai dengan faktanya. Bagaimana maksudnya? Hal itulah yang menjadi penyebab kenapa penggunaan alat ini juga terdapat istilah kalibrasi.

 

Penggunaan Flow Meter


Pada dasarnya alat ukur solar ini bisa ditemukan pada speedometer, pressure gauge pada pompa manual, regulator gas, dan lainnya. Alat ukur yang berupa flow meter solar ini kerap kali disebut sebagai flow meter yang difungsikan untuk transportasi, industri manufaktur, dan utility dalam kehidupan sehari-hari.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 1 1/2 Inchi Electronic Oil Digital

 

Berdasarkan namanya tersebut alat ini juga dapat mengukur cairan yang berbahan bakar solar. Bisa juga heavy fuel oil, kerosin, dan fuel oil.

Mungkin bisa dikatakan juga penggunaan alat ini lebih banyak pada thermal oil. Lebih tepatnya alat ukur ini membantu untuk mengukur besaran penggunaan solar sehingga bisa memperhitungkan kapasitas solar yang dibutuhkan pada sebuah mesin ataupun penggunaan alat lainnya.

Sebelumnya juga sudah sedikit disinggung mengenai akan terjadinya sebuah kesalahan ketika membaca kondisi solar yang akan habis. Kondisi tersebut juga menunjukkan posisi permukaan solar yang berada di bawah lubang pengeluaran dari pipa.

Hal itu mengakibatkan bercampurnya udara dengan solar yang nantinya membuat hasil pembacaan menjadi tidak sesuai atau menyimpang. Perlu Anda ketahui bahwa hasil pembacaan yang mengalami pergeseran juga akan menyebabkan terjadinya selisih yang lebih besar.

Yakni antara hasil pembacaan dengan jumlah yang sesungguhnya solar yang berada di tangki. Penyimpanan alat ukur dari sumber internal alat itu sendiri juga bisa mengakibatkan keausan pada bidang kontak atau sensor mekanis.

Pernyataan itulah yang menjadi penanggung kenapa kita harus mengetahui cara kalibrasi Flow Meter solar. Pada dasarnya alat yang sering digunakan namun tidak pernah dikalibrasi itu memicu timbulnya sifat-sifat seperti halnya kepasifan, histeri, serta pergeseran dari kestabilan nol.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 2 Inchi Electronic Oil Digital

 

Bukan hanya faktor dari internal saja yang dapat mempengaruhi tetapi penyimpangan juga bisa menjadi sumber dari faktor eksternal. Seperti halnya posisi pengukuran, kondisi lingkungan serta objek ukurnya.

 

Setting dan Kalibrasi

 

Kalibrasi pada Flow Meter solar itu juga sering diartikan sebagai tindakan guna mencegah serta memastikan kualitas hasil alat ukur tersebut. Jika nantinya ditemukan hasil pembacaan yang benar serta pasti meskipun ada angka penyimpangan membuat kita mendapatkan sedikit kepastian.

Dengan cutter kalibrasi alat ukur tersebut juga bisa memberikan informasi mengenai performa suatu proses yang berkaitan dengan solar atau aliran fluidanya. Karena penggunaan Flow Meter solar ini secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama menjadi penyebab penyimpangan hasil pengukuran aliran fluida.

Pembacaan hasil alat ukur yang ragu itu juga menjadi penyebab kualitas prosesnya tidak pasti. Sehingga mengakibatkan penurunan kualitas ataupun kuantitasnya. Sebelum melakukan kalibrasi pada Flow Meter perlu tindakan untuk melakukan pengecekan fisik.

Setelah itu penting juga untuk melakukan pengetesan apabila dibutuhkan pengaturan ataupun setting bahkan bisa juga repair terhadap Flow Meter tersebut. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara kalibrasi Flow Meter solar.

Di mana tujuannya adalah agar alat ukur tersebut dalam prosesnya menunjukkan pengukuran yang sesuai dengan kenyataan atau sebenarnya. Selain itu cara kalibrasi Flow Meter solar adalah dengan membandingkan terhadap alat ukur standar tentunya yang sesuai dengan SNI ataupun internasional yang sudah terverifikasi.

Nah, tujuan dari kita melakukan kalibrasi Flow Meter solar tersebut adalah untuk verifikasi dari sebuah instrumen guna menentukan nilai penyimpangannya. Dengan menentukan nilai penyimpangan tersebut nyatanya bisa memberikan jaminan akan hasil pengukuran yang lebih akurat. Juga untuk mengetahui kualitas hasil pengukuran, penyimpangan, dan lain sebagainya agar nantinya bisa memutuskan kelayakan dari Flow Meter tersebut.

 

Kapan Harus Kalibrasi

 

Sebenarnya kapan sih kita harus melakukan cara kalibrasi Flow Meter solar tersebut? Yaitu pada saat kita ingin mendapatkan nilai kepastian baik penggunaan alat ukur yang masih baru ataupun yang sudah terpakai lama. Saat tersebut masih baru umumnya pihak manufaktur itu akan melampirkan hasil kalibrasi produk tersebut sesuai dengan serial numbernya.

Disamping itu waktu melakukan kalibrasi adalah ketika kita yang menggunakan alat ukur tersebut merasa curiga terhadap hasil pembacaannya. Bukan pada waktu itu saja melainkan tindakan tersebut juga diperlukan ketika Anda berhubungan dengan pihak ketiga guna menjaga kepercayaan apabila melakukan transaksi.

Tapi paling penting melakukan cara kalibrasi flow meter solar tersebut adalah sesudah selesai service.

Terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum kita melakukan cara kalibrasi Flow Meter solar. Pertama aturlah terlebih dahulu posisi pengaturan pipa. Kemudian pencahayaannya juga harus diatur sedemikian rupa dan pastikan objek ukur serta alat ukur itu dalam keadaan Prima ataupun bersih. 

 

Baca Juga : Harga Flow Meter Solar Tokico di Tokico Solar Flow Meter

 

Proses kalibrasi atau pengukuran tersebut hanya boleh dilakukan oleh orang yang ahli pada bidangnya. Bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari Flow Meter solar kualitas terbaik bisa didapatkan melalui PT badja Abadi Sentosa yang merupakan faktor tunggal dan resmi penjualan produk LC m yang ada di Indonesia.